Tips Bertahan di Industri Pariwisata Saat dan Setelah Pandemi

 Tips Bertahan di Industri Pariwisata Saat dan Setelah Pandemi

Mungkin sangat dini untuk menulis ini pas pandemi belum juga usai, bahkan saya bukan pemilik suatu perusahaan cuma pekerja di sektor pariwisata didalam sebagian tahun terakhir, tetapi saya coba menulis langkah-langkah ini mungkin dapat dikaji sebagai bahan pertimbangan untuk dijalankan supaya organisasi dapat bertahan lewat pandemi.

Selama tiga bulan terakhir, Maret-Mei 2020 pariwisata di Indonesia berada terhadap titik paling rendah karena pariwisata adalah industri yang terdampak paling didalam pas periode pandemi berlangsung dan dapat menjadi yang paling akhir berangsur pulih karena pariwisata bukan kebutuhan pokok melainkan kebutuhan tersier. Banyak yang bilang pariwisata dapat rebound di tahun 2021, mungkin saja benar dapat tetapi segala suatu hal harus diperjuangkan bersama optimis bahwa recovery dapat berlangsung lebih cepat tergantung bagaimana kita bereaksi bukan?

Kementerian/Lembaga, BUMN, Swasta, Organisasi juga individu membatalkan kegiatan dan wisata mereka, destinasi wisata sepi, tingkat hunian hotel-hotel sangat rendah, maskapai penerbangan beroperasi terbatas dan tidak ada kembali kegiatan MICE. Pariwisata dapat bangkit kembali, tetapi kapan? Organisasi harus menciptakan cara-cara baru dan kreatif untuk bertahan, baik inovasi bersama usaha yang udah ada ataupun menciptakan usaha dan peluang baru yang mungkin dapat saja muncul berasal dari kebiasaan.

Untuk mengawali suatu kegiatan sebagai tanda pemulihan industri pariwisata, pelaku atau pemerintah harus inisiasi misal dan praktek nyata bahwa kegiatan wisata dapat dijalankan bersama safe bersama protokol-protokol kesegaran dan pengalaman-pengalaman wisata yang baru.

Berikut adalah sebagian langkah-langkah yang dapat dikaji untuk dijalankan supaya organisasi dapat bertahan pas dan sehabis pandemi;

Tindakan strategis

• Menghentikan operasional dan mengevaluasi posisi organisasi

• Menyesuaikan operasional cocok bersama permohonan pasar

• Riset dan analisa pasar, segmen dan usaha baru yang dapat diaktualisasikan.

• Mengembangkan langkah branding baru atau penyegaran merk.

• Bersama mitra mengadakan kerjasama strategis untuk meraih cash in advance

• Relaksasi kewajiban kredit, pinjaman, hutang ke lembaga keuangan dan mitra kerjasama.

• Membentuk Tim Krisis.

• Berperan aktif dan berkolaborasi bersama industri dan pemerintah.

• Bersama asosiasi mengusulkan stimulus-stimulus strategis yang dapat di memberikan Pemerintah untuk industri seperti jika penghapusan pajak, pelatihan tenaga kerja, pertolongan peraturan dan kebijakan-kebijakan terkait pemulihan sektor pariwisata.

Keuangan TIPS LIBURAN SAAT PANDEMI MENYAMBUT AKHIR TAHUN

• Menekan Biaya Operasional, meminimalkan cost tetap.

• Negosiasi bersama mitra kerjasama untuk sesuaikan kriteria yang sesuai, memotong layanan yang belum menjadi prioritas.

• Uji stres tingkat satu dan tingkat dua.

• Menyiapkan dana tambahan untuk buat persiapan pemulihan kala waktunya tepat.

• Menyiapkan dana untuk membantu pelatihan kembali terkait keterampilan didalam usaha sistem atau produk baru.

• Menanamkan telaten pemantauan arus kas yang amat mungkin prediksi arus kas dan laksanakan intervensi secara pas waktu Tips Merencanakan Liburan bersama Anak Saat Pandemi .

• Waspada bersama dana talangan yang digunakan untuk kebutuhan operasional dan bukan digunakan untuk pengembangan karena dapat berdampak negative kepada perusahaan di sesudah itu hari.

Pemasaran

• Bekerja sama bersama industri untuk mengembangkan serangkaian paket yang dapat diluncurkan didalam pas singkat dan mendapat benefit didalam pas singkat. Paket dapat juga harga spesifik untuk tiket pesawat, akomodasi, makanan, dan minuman, kegiatan yang mengundang ketertarikan khusus. Bisa berbentuk voucher discount menarik, paket-paket menarik yang belum dulu ada pada mulanya sesuaikan masa normal baru dsb. Misal work from hotel, Paket Olahraga, Pay Now Stay Later, Staycation dsb

• Membatasi semua kegiatan pemasaran kalau media baru.

• Tetap laksanakan komunikasi bersama partner dan customer untuk senantiasa mengingatkan kesetiaan dapat jasa dan produk,

• Manfaatkan teknologi untuk komunikasi ke stakeholder secara digital dan virtual bersama konsep yang menarik dan khusus.

• Memanfaatkan media sosial secara efektif paket wisata pulau seribu .

• Fokus kembali anggaran promosi terhadap pasar domestik dan paling dekat yang memiliki tujuan untuk pasar lokal dan mempromosikan jasa dan produk.

• Mempromosikan kebersihan, kesehatan, keselamatan bagi wisatawan di destinasi obyek dan juga di produk dan jasa yang di berikan.

• Sampaikan kepada wisatawan tentang tindakan yang dapat diterapkan oleh destinasi (seperti kontrol virus, tindakan keamanan lainnya)

• Fokus awalnya terhadap pasar domestik dan kawasan terdekat. Karena tiap-tiap negara pasti dapat memulihkan pariwisatanya bersama menghimbau warganya untuk berwisata didalam negeri dahulu.

Sumber Daya Manusia

• Memastikan kesegaran pegawai buat persiapan kebutuhan dan juga prosedur kesegaran juga motivasi pegawai.

• Membuat peraturan untuk pegawai yang kerja bekerja berasal dari rumah, sistem pengukuran kinerja, pengembangan dan perlengkapannya

• Membuat analisa beban kerja dan kebutuhan organisasi pas pandemi bersama mempertimbangkan efisiensi cost tenaga kerja dan multi tugas berasal dari tiap-tiap individu

• Restrukturisasi Organisasi sesuaikan bersama masa normal baru, masa normal selanjutnya dan masa paska normal.

• Menyiapkan infrastruktur teknologi telekonferensi dan konferensi video.

• Memperhatikan sumber kekuatan yang bekerja di garis depan bersama insentif atau faedah khusus.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Platinumliving.co.id: Destinasi Utama untuk Furniture Jati Mebel Jepara Minimalis Terbaik dan Pintu Rumah Jati

Mengenal Peran Konsultan Pajak dalam Dunia Bisnis

Bahasa Bunga: Makna di Balik Karangan Bunga untuk Pasangan Anda